Pembagian 1 10: Cara Mudah Menghitung Pembagian 1 sampai 10

Source: bing.com

Pembagian adalah salah satu operasi matematika dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pembagian juga menjadi salah satu bahan pembelajaran yang diberikan pada siswa di sekolah dasar. Salah satu pembagian yang sering diajarkan adalah pembagian 1 sampai 10. Nah, dalam artikel ini akan dibahas tentang cara mudah menghitung pembagian 1 sampai 10.

Cara Mudah Menghitung Pembagian 1 Sampai 10

Sebelum membahas tentang cara mudah menghitung pembagian 1 sampai 10, ada baiknya jika kita mengingat kembali tentang apa itu pembagian. Pembagian adalah operasi matematika yang dilakukan untuk membagi suatu bilangan dengan bilangan lainnya. Dalam pembagian, bilangan yang akan dibagi disebut sebagai dividenden dan bilangan yang menjadi pembagi disebut sebagai divisor.

Untuk menghitung pembagian 1 sampai 10, berikut adalah caranya:

1. Pembagian 1

Untuk menghitung pembagian 1, caranya sangat mudah. Kita hanya perlu membagi suatu bilangan dengan angka 1. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 1, maka hasilnya adalah 20.

2. Pembagian 2

Untuk pembagian 2, kita hanya perlu membagi suatu bilangan dengan angka 2. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 2, maka kita dapat melakukannya dengan cara mengurangi setengahnya. Artinya, 20 dibagi dengan 2 sama dengan 10.

Cek Juga  Bank Soal Sekolah Dasar: Cara Efektif Meningkatkan Kemampuan Siswa

3. Pembagian 3

Untuk pembagian 3, kita hanya perlu membagi suatu bilangan dengan angka 3. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 3, maka kita dapat melakukannya dengan cara mencari kelipatan 3 terdekat dari 20, yaitu 18. Kemudian, kita dapat mengurangi 20 dengan 18, sehingga hasilnya adalah 2.

4. Pembagian 4

Untuk pembagian 4, kita hanya perlu membagi suatu bilangan dengan angka 4. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 4, maka kita dapat melakukannya dengan cara mengurangi setengahnya terlebih dahulu, yaitu 10. Kemudian, kita dapat mengurangi kembali 10 dengan setengahnya, yaitu 5. Maka, hasilnya adalah 5.

5. Pembagian 5

Untuk pembagian 5, kita hanya perlu membagi suatu bilangan dengan angka 5. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 5, maka hasilnya adalah 4.

6. Pembagian 6

Untuk pembagian 6, kita hanya perlu membagi suatu bilangan dengan angka 6. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 6, maka kita dapat melakukannya dengan cara mencari kelipatan 6 terdekat dari 20, yaitu 18. Kemudian, kita dapat mengurangi 20 dengan 18, sehingga hasilnya adalah 2. Kemudian, kita dapat membagi hasil tersebut dengan 3, sehingga hasilnya adalah 0,67.

7. Pembagian 7

Untuk pembagian 7, kita perlu melakukan pembulatan terlebih dahulu. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 7, maka kita dapat membulatkan 20 menjadi 21. Kemudian, kita dapat membagi 21 dengan 7, sehingga hasilnya adalah 3.

8. Pembagian 8

Untuk pembagian 8, kita hanya perlu membagi suatu bilangan dengan angka 8. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 8, maka kita dapat melakukannya dengan cara mengurangi setengahnya terlebih dahulu, yaitu 10. Kemudian, kita dapat mengurangi kembali 10 dengan setengahnya, yaitu 5. Kemudian, kita dapat mengurangi kembali 5 dengan setengahnya, yaitu 2,5. Maka, hasilnya adalah 2,5.

Cek Juga  Soal Matematika Kelas 6 Semester 2 Dan Kunci Jawabannya

9. Pembagian 9

Untuk pembagian 9, kita hanya perlu membagi suatu bilangan dengan angka 9. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 9, maka kita dapat melakukannya dengan cara mencari kelipatan 9 terdekat dari 20, yaitu 18. Kemudian, kita dapat mengurangi 20 dengan 18, sehingga hasilnya adalah 2. Kemudian, kita dapat membagi hasil tersebut dengan 3, sehingga hasilnya adalah 0,67.

10. Pembagian 10

Untuk pembagian 10, kita hanya perlu membagi suatu bilangan dengan angka 10. Misalnya, jika kita ingin menghitung 20 dibagi dengan 10, maka hasilnya adalah 2.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa menghitung pembagian 1 sampai 10 sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu mengingat beberapa rumus dasar dan melakukan beberapa operasi sederhana. Dengan berlatih secara teratur, kita dapat menguasai pembagian 1 sampai 10 dengan mudah.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu pembagian?

Pembagian adalah operasi matematika dasar yang dilakukan untuk membagi suatu bilangan dengan bilangan lainnya.

2. Apa itu dividenden?

Dividenden adalah bilangan yang akan dibagi dalam suatu operasi pembagian.

3. Apa itu divisor?

Divisor adalah bilangan yang menjadi pembagi dalam suatu operasi pembagian.

4. Apa yang dimaksud dengan pembagian 1 sampai 10?

Pembagian 1 sampai 10 adalah pembagian dari setiap bilangan dengan bilangan dari 1 sampai 10.

5. Apa manfaat dari pembelajaran pembagian 1 sampai 10?

Pembelajaran pembagian 1 sampai 10 dapat membantu meningkatkan kemampuan matematika dasar siswa dan mempermudah dalam melakukan operasi matematika sehari-hari.

Related video of Pembagian 1 10: Cara Mudah Menghitung Pembagian 1 sampai 10

By admin