Rumus Ideal Berat Badan
Rumus Ideal Berat Badan

Rumus Ideal Berat BadanSource: bing.com

Banyak orang ingin mempunyai berat badan yang ideal. Berat badan ideal dapat menunjang kesehatan tubuh sehingga tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, bagaimana cara menghitung berat badan ideal?

Rumus Ideal Berat Badan

Ada beberapa rumus yang dapat digunakan untuk menghitung berat badan ideal. Berikut adalah beberapa rumus yang dapat digunakan:

  • Rumus Broca
  • Rumus Lorentz
  • Rumus Body Mass Index (BMI)
  • Rumus Devine

Masing-masing rumus memiliki cara menghitung yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya rumus tersebut menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi badan dan jenis kelamin seseorang.

Rumus Broca

Rumus Broca menghitung berat badan ideal dengan cara mengurangi tinggi badan seseorang dalam satuan sentimeter dengan angka 100. Contohnya, jika tinggi badan seseorang adalah 170 cm, maka berat badan idealnya adalah 70 kg.

Rumus Lorentz

Rumus Lorentz menghitung berat badan ideal dengan cara mengurangi tinggi badan dalam satuan sentimeter dengan angka 100 dan kemudian dikalikan dengan 0,9 untuk wanita dan 0,95 untuk pria. Contohnya, jika tinggi badan seseorang adalah 170 cm dan jenis kelaminnya adalah wanita, maka berat badan idealnya adalah 61 kg.

Rumus Body Mass Index (BMI)

Rumus BMI menghitung berat badan ideal dengan cara membagi berat badan seseorang dalam satuan kilogram dengan kuadrat tinggi badan dalam satuan meter. Contohnya, jika berat badan seseorang adalah 60 kg dan tinggi badannya adalah 1,7 m, maka BMI-nya adalah 20,76. Berdasarkan tabel BMI, berat badan ideal untuk orang dengan BMI 20-25 adalah antara 54-67 kg.

Cek Juga  Ujian Matematika Kelas 5: Tips dan Trik untuk Menjadi Sukses

Rumus Devine

Rumus Devine menghitung berat badan ideal dengan cara mengurangi tinggi badan seseorang dalam satuan sentimeter dengan angka 152 untuk wanita dan 157 untuk pria. Kemudian hasilnya dikalikan dengan 0,9 untuk wanita dan 0,95 untuk pria. Contohnya, jika tinggi badan seseorang adalah 170 cm dan jenis kelaminnya adalah pria, maka berat badan idealnya adalah 70 kg.

Setiap rumus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan beberapa rumus untuk memperoleh hasil yang lebih akurat.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan berat badan ideal?

Berat badan ideal adalah berat badan yang sehat dan sesuai dengan tinggi badan seseorang. Berat badan ideal dapat menunjang kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Mengapa penting untuk mengetahui berat badan ideal?

Mengetahui berat badan ideal dapat membantu seseorang untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, berat badan ideal juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

3. Apakah rumus Broca akurat untuk menghitung berat badan ideal?

Rumus Broca termasuk rumus yang sederhana dan mudah digunakan. Namun, rumus ini tidak memperhitungkan faktor lain seperti persentase lemak tubuh, sehingga hasilnya tidak selalu akurat.

4. Bagaimana cara menurunkan berat badan?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan antara lain mengatur pola makan, meningkatkan aktivitas fisik, mengurangi konsumsi gula dan lemak, serta memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

5. Apakah berat badan ideal sama untuk setiap orang?

Tidak, berat badan ideal dapat berbeda-beda untuk setiap orang tergantung pada tinggi badan, jenis kelamin, dan faktor lain seperti jenis pekerjaan dan aktivitas fisik yang dilakukan.

Cek Juga  Soal Toefl Dan Pembahasan

Related video of Rumus Ideal Berat Badan

By admin