Apa yang dimaksud dengan artikel ‘A’ dalam bahasa Inggris?
Apa yang dimaksud dengan artikel ‘A’ dalam bahasa Inggris?

Apa yang dimaksud dengan artikel 'A' dalam bahasa Inggris?

Apa yang Dimaksud dengan Artikel ‘A’ dalam Bahasa Inggris?

Artikel ‘A’ adalah salah satu dari tiga artikel tak tentu dalam bahasa Inggris, bersama dengan ‘an’ dan ‘the’. Artikel ‘A’ digunakan sebelum kata benda tunggal yang dapat dihitung, ketika kata benda tersebut tidak spesifik atau tidak diketahui. Misalnya, kita dapat mengatakan "I saw a cat" (Saya melihat seekor kucing), tetapi kita tidak dapat mengatakan "I saw the cat" (Saya melihat kucing itu), kecuali jika kita berbicara tentang kucing tertentu yang sudah kita kenal sebelumnya.

Fungsi Artikel ‘A’

Artikel ‘A’ memiliki beberapa fungsi utama dalam bahasa Inggris, antara lain:

  • Menunjukkan bahwa kata benda yang mengikutinya bersifat umum atau tidak spesifik. Misalnya, kalimat "I saw a bird" (Saya melihat seekor burung) menunjukkan bahwa burung yang dimaksud tidak spesifik atau tidak diketahui.
  • Menunjukkan bahwa kata benda yang mengikutinya adalah sesuatu yang baru. Misalnya, kalimat "I bought a new car" (Saya membeli mobil baru) menunjukkan bahwa mobil yang dimaksud adalah mobil yang baru saja kita beli dan belum pernah kita miliki sebelumnya.
  • Menunjukkan bahwa kata benda yang mengikutinya adalah sesuatu yang tidak terbatas jumlahnya. Misalnya, kalimat "I want a cup of coffee" (Saya ingin secangkir kopi) menunjukkan bahwa kita ingin kopi dalam jumlah yang tidak terbatas.

Penggunaan Artikel ‘A’

Artikel ‘A’ digunakan sebelum kata benda tunggal yang dapat dihitung, ketika kata benda tersebut tidak spesifik atau tidak diketahui. Misalnya, kita dapat mengatakan "I saw a cat" (Saya melihat seekor kucing), tetapi kita tidak dapat mengatakan "I saw the cat" (Saya melihat kucing itu), kecuali jika kita berbicara tentang kucing tertentu yang sudah kita kenal sebelumnya.

Cek Juga  Materi Ekonomi Kelas 10

Artikel ‘A’ juga digunakan sebelum kata benda yang menunjukkan satuan atau jumlah, seperti "a dozen eggs" (segelas telur), "a pair of shoes" (sepasang sepatu), dan "a piece of cake" (sepotong kue).

Selain itu, artikel ‘A’ juga digunakan sebelum kata benda yang menunjukkan arah atau lokasi, seperti "a mile away" (sejauh satu mil), "a short distance away" (dekat), dan "a few blocks away" (beberapa blok jauhnya).

Pengecualian Penggunaan Artikel ‘A’

Ada beberapa pengecualian dalam penggunaan artikel ‘A’. Misalnya, artikel ‘A’ tidak digunakan sebelum kata benda yang menunjukkan nama negara, kota, sungai, gunung, atau danau. Misalnya, kita tidak dapat mengatakan "I went to a France" (Saya pergi ke Perancis), tetapi kita dapat mengatakan "I went to France" (Saya pergi ke Perancis).

Artikel ‘A’ juga tidak digunakan sebelum kata benda yang menunjukkan nama orang, kecuali jika nama orang tersebut diikuti oleh gelar atau jabatan. Misalnya, kita tidak dapat mengatakan "I met a John" (Saya bertemu dengan John), tetapi kita dapat mengatakan "I met a Dr. John" (Saya bertemu dengan Dr. John).

Kesimpulan

Artikel ‘A’ adalah salah satu dari tiga artikel tak tentu dalam bahasa Inggris, bersama dengan ‘an’ dan ‘the’. Artikel ‘A’ digunakan sebelum kata benda tunggal yang dapat dihitung, ketika kata benda tersebut tidak spesifik atau tidak diketahui.

Tanya Jawab

  1. Apa fungsi dari artikel ‘A’ dalam bahasa Inggris?

Artikel ‘A’ memiliki beberapa fungsi utama dalam bahasa Inggris, antara lain:

  • Menunjukkan bahwa kata benda yang mengikutinya bersifat umum atau tidak spesifik.
  • Menunjukkan bahwa kata benda yang mengikutinya adalah sesuatu yang baru.
  • Menunjukkan bahwa kata benda yang mengikutinya adalah sesuatu yang tidak terbatas jumlahnya.
  1. Kapan artikel ‘A’ digunakan dalam bahasa Inggris?
Cek Juga  Bahan Elastis: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

Artikel ‘A’ digunakan sebelum kata benda tunggal yang dapat dihitung, ketika kata benda tersebut tidak spesifik atau tidak diketahui.

  1. Apa saja pengecualian dalam penggunaan artikel ‘A’?

Ada beberapa pengecualian dalam penggunaan artikel ‘A’. Misalnya, artikel ‘A’ tidak digunakan sebelum kata benda yang menunjukkan nama negara, kota, sungai, gunung, atau danau. Artikel ‘A’ juga tidak digunakan sebelum kata benda yang menunjukkan nama orang, kecuali jika nama orang tersebut diikuti oleh gelar atau jabatan.

By admin