Apa yang dimaksud dengan BM makanan?
Apa yang dimaksud dengan BM makanan?

Apa yang dimaksud dengan BM makanan?

Apa yang dimaksud dengan BM Makanan?

BM makanan adalah singkatan dari Berat Molekul makanan. Ini adalah jumlah massa rata-rata molekul suatu makanan, diukur dalam satuan gram per mol (g / mol). BM makanan digunakan untuk menghitung nilai gizi makanan dan untuk menentukan jumlah energi yang dihasilkan oleh makanan ketika dimetabolisme.

Bagaimana BM Makanan Dihitung?

BM makanan dihitung dengan menjumlahkan massa atom dari semua atom dalam molekul makanan. Massa atom suatu atom diberikan dalam satuan satuan massa atom (amu), yang didefinisikan sebagai 1/12 massa atom karbon-12. BM makanan dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

BM makanan = (jumlah atom karbon x massa atom karbon) + (jumlah atom hidrogen x massa atom hidrogen) + (jumlah atom oksigen x massa atom oksigen) + …

Apa Fungsi BM Makanan?

BM makanan digunakan untuk menghitung nilai gizi makanan dan untuk menentukan jumlah energi yang dihasilkan oleh makanan ketika dimetabolisme. Nilai gizi makanan ditentukan dengan membagi jumlah nutrisi dalam makanan dengan BM makanan. Jumlah energi yang dihasilkan oleh makanan ketika dimetabolisme dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

Energi = BM makanan x 4 kkal / g

Jenis-jenis BM Makanan

Ada tiga jenis BM makanan:

  • BM makanan kasar: BM makanan kasar adalah BM makanan tanpa air dan mineral.
  • BM makanan kering: BM makanan kering adalah BM makanan kasar ditambah air.
  • BM makanan basah: BM makanan basah adalah BM makanan kering ditambah lemak.

Kesimpulan

Berat molekul makanan (BM makanan) adalah jumlah massa rata-rata molekul suatu makanan, diukur dalam satuan gram per mol (g / mol). BM makanan penting untuk menghitung nilai gizi makanan, menentukan jumlah energi yang dihasilkan oleh makanan ketika dimetabolisme, dan membuat basis data makanan olahan yang komprehensif berkualitas.

Cek Juga  Contoh Rumus Ms Excel

Tanya Jawab

  • Kenapa BM makanan penting untuk kesehatan manusia?
    BM makanan penting untuk kesehatan manusia karena memungkinkan tubuh untuk menyerap nutrisi yang diperlukan dari makanan yang dimakan.
  • Apa contoh BM makanan yang tinggi?
    Contoh makanan dengan BM makanan tinggi termasuk protein dan lemak.
  • Apa contoh BM makanan yang rendah?
    Contoh makanan dengan BM makanan rendah termasuk karbohidrat dan air.

By admin