Apa manfaat Cuddle bagi kesehatan fisik dan mental?
Apa manfaat Cuddle bagi kesehatan fisik dan mental?

Apa manfaat Cuddle bagi kesehatan fisik dan mental?

Apa Manfaat Cuddle bagi Kesehatan Fisik dan Mental?

Pelukan atau biasa disebut dengan cuddle merupakan bentuk sentuhan fisik yang umumnya dilakukan antar dua orang. Berpelukan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Apalagi jika pelukan tersebut dilakukan dengan orang yang dicintai.

Berikut ini adalah beberapa manfaat cuddle bagi kesehatan fisik dan mental:

Manfaat Cuddle bagi Kesehatan Fisik

  • Menurunkan tekanan darah.
    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa berpelukan dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena berpelukan melepaskan hormon oksitosin, yang memiliki efek menenangkan dan menurunkan tekanan darah.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
    Pelukan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang yang sering berpelukan memiliki tingkat sel darah putih yang lebih tinggi daripada orang yang jarang berpelukan. Sel darah putih membantu tubuh melawan infeksi.

  • Meredakan nyeri.
    Pelukan juga dapat meredakan nyeri. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles menemukan bahwa berpelukan dapat mengurangi rasa nyeri pada pasien yang mengalami nyeri kronis. Hal ini disebabkan karena berpelukan melepaskan hormon endorfin, yang memiliki efek penghilang rasa nyeri alami.

  • Mencegah penyakit jantung.
    Pelukan juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menemukan bahwa orang yang sering berpelukan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung daripada orang yang jarang berpelukan. Hal ini disebabkan karena berpelukan dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Manfaat Cuddle bagi Kesehatan Mental

  • Mengurangi stres.
    Pelukan juga dapat mengurangi stres. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Miami menemukan bahwa berpelukan dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol. Hal ini disebabkan karena berpelukan melepaskan hormon oksitosin, yang memiliki efek menenangkan dan mengurangi stres.

  • Meningkatkan rasa percaya diri.
    Pelukan juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, Berkeley menemukan bahwa orang yang sering berpelukan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi daripada orang yang jarang berpelukan. Hal ini disebabkan karena berpelukan membuat orang merasa dicintai dan diterima.

  • Mempererat hubungan.
    Pelukan juga dapat mempererat hubungan antara dua orang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Virginia menemukan bahwa pasangan yang sering berpelukan memiliki hubungan yang lebih erat dan harmonis daripada pasangan yang jarang berpelukan. Hal ini disebabkan karena berpelukan menciptakan ikatan emosional yang kuat antara dua orang.

Cek Juga  Apa yang dimaksud dengan ekspektasi karyawan?

Kesimpulan

Pelukan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Berpelukan dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan nyeri, mencegah penyakit jantung, mengurangi stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan mempererat hubungan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memeluk orang yang Anda cintai.

Tanya Jawab

  • Apa yang dimaksud dengan cuddle?
    Pelukan atau biasa disebut dengan cuddle merupakan bentuk sentuhan fisik yang umumnya dilakukan antar dua orang.

  • Apa saja manfaat cuddle bagi kesehatan fisik?
    Pelukan dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan nyeri, dan mencegah penyakit jantung.

  • Apa saja manfaat cuddle bagi kesehatan mental?
    Pelukan dapat mengurangi stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan mempererat hubungan.

  • Seberapa sering kita harus berpelukan?
    Semakin sering kita berpelukan, semakin banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Berpelukanlah setidaknya sekali sehari dengan orang yang Anda cintai.

  • Siapa saja yang boleh kita peluk?
    Anda boleh memeluk siapa saja yang Anda cintai, seperti pasangan, anggota keluarga, teman, atau bahkan hewan peliharaan Anda.

By admin