Apa arti dari Hasbunallah wanikmal Wakil?

Apa Arti dari Hasbunallah wanikmal Wakil?

Pengertian Hasbunallah wanikmal Wakil

Hasbunallah wanikmal Wakil merupakan salah satu kalimat thayyibah atau doa pendek yang terdapat dalam Al-Qur’an. Kalimat ini terdapat dalam Surah Ali Imran ayat 173 yang berbunyi:

"Hasbunallah wanikmal wakil, ni’ma almaula wa ni’man nashir."

Arti dari Hasbunallah wanikmal Wakil secara keseluruhan adalah "Cukuplah Allah sebagai penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung."

Kalimat ini sering diucapkan oleh umat Islam ketika mereka menghadapi kesulitan atau ujian hidup. Hasbunallah wanikmal Wakil merupakan kalimat yang menyatakan bahwa umat Islam hanya berharap kepada Allah SWT dan tidak akan pernah menyerah dalam menghadapi cobaan hidup.

Keutamaan Mengucapkan Hasbunallah wanikmal Wakil

  1. Mendapatkan pertolongan Allah SWT
    Ketika seorang Muslim mengucapkan Hasbunallah wanikmal wakil, maka ia akan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al-Anfal ayat 62:

"Jika kamu meminta pertolongan (kepada Allah), maka Allah telah menolongmu, dan jika kamu mengingkari (nikmat Allah), maka sesungguhnya kemurkaan-Nya sangat berat."

  1. Diberikan perlindungan oleh Allah SWT
    Allah SWT juga akan memberikan perlindungan kepada hamba-Nya yang mengucapkan kalimat Hasbunallah wanikmal wakil. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al-Anfal ayat 41:

"Katakanlah, "Apakah kamu menunggu selain dari salah satu dari tiga perkara (berikut): kemenangan dari Allah, atau azab yang pedih, atau (kamu kembali kepada Allah) bertobat?" Maka Allah adalah sebaik-baik pelindung dan Allah adalah sebaik-baik pemberi pahala."

  1. Mendapatkan kebaikan dari Allah SWT
    Allah SWT juga akan memberikan kebaikan kepada hamba-Nya yang mengucapkan kalimat Hasbunallah wanikmal wakil. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al-Anfal ayat 60:
Cek Juga  Soal Snmptn 2020: Panduan Lengkap untuk Mempersiapkan Ujian Masuk Perguruan Tinggi

"Jika kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, berjihadlah dengan harta dan jiwamu. Itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui."

Contoh Penggunaan Hasbunallah wanikmal Wakil

Kalimat Hasbunallah wanikmal wakil dapat digunakan dalam berbagai situasi dan kondisi. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kalimat Hasbunallah wanikmal wakil:

  1. Ketika menghadapi kesulitan
    Ketika seorang Muslim menghadapi kesulitan, ia dapat mengucapkan kalimat Hasbunallah wanikmal wakil untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT.

  2. Ketika menghadapi ujian hidup
    Ketika seorang Muslim menghadapi ujian hidup, ia dapat mengucapkan kalimat Hasbunallah wanikmal wakil untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

  3. Ketika menghadapi musuh
    Ketika seorang Muslim menghadapi musuh, ia dapat mengucapkan kalimat Hasbunallah wanikmal wakil untuk memohon bantuan dari Allah SWT.

  4. Ketika merasa kesusahan
    Ketika seorang Muslim merasa kesusahan, ia dapat mengucapkan kalimat Hasbunallah wanikmal wakil untuk memohon kebaikan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Hasbunallah wanikmal wakil merupakan kalimat thayyibah yang memiliki banyak keutamaan. Kalimat ini dapat diucapkan oleh umat Islam dalam berbagai situasi dan kondisi untuk memohon pertolongan, perlindungan, dan kebaikan dari Allah SWT.

Tanya Jawab tentang Hasbunallah wanikmal Wakil

  1. Apa arti dari Hasbunallah wanikmal wakil?
    Arti dari Hasbunallah wanikmal wakil adalah "Cukuplah Allah sebagai penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung."

  2. Apa keutamaan mengucapkan Hasbunallah wanikmal wakil?
    Keutamaan mengucapkan Hasbunallah wanikmal wakil adalah:

    • Mendapatkan pertolongan Allah SWT
    • Diberikan perlindungan oleh Allah SWT
    • Mendapatkan kebaikan dari Allah SWT
  3. Kapan kalimat Hasbunallah wanikmal wakil dapat diucapkan?
    Kalimat Hasbunallah wanikmal wakil dapat diucapkan dalam berbagai situasi dan kondisi, seperti ketika menghadapi kesulitan, ujian hidup, musuh, atau merasa kesusahan.

  4. Bagaimana cara mengucapkan Hasbunallah wanikmal wakil?
    Kalimat Hasbunallah wanikmal wakil diucapkan dengan dua cara, yaitu:

    • Mengucapkannya dengan suara lirih
    • Mengucapkannya dengan suara keras
Cek Juga  Jawaban Dari Soal: Solusi Terbaik untuk Meningkatkan Kemampuan Akademik Anda

By admin