Rumus Skala: Cara Mudah Menghitung Perbandingan Ukuran

Source: bing.com

Rumus skala adalah rumus yang digunakan untuk menghitung perbandingan ukuran antara dua benda atau gambar. Dengan rumus skala, kita dapat menentukan ukuran suatu benda atau gambar dalam bentuk yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran aslinya.

Cara Menghitung Rumus Skala

Untuk menghitung rumus skala, kita perlu mengetahui ukuran asli benda atau gambar dan ukuran yang ingin kita hitung. Misalnya, kita ingin menghitung ukuran sebuah gedung yang memiliki ketinggian 20 meter dalam bentuk gambar dengan skala 1:100.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan perbandingan skala. Perbandingan skala dapat ditentukan dengan membagi ukuran asli dengan ukuran gambar. Dalam contoh ini, perbandingan skala adalah 20/100 = 0,2.

Selanjutnya, kita perlu mengalikan ukuran gambar dengan perbandingan skala. Dalam contoh ini, ukuran gambar adalah 1. Dengan mengalikan ukuran gambar dengan perbandingan skala, kita akan mendapatkan ukuran gedung dalam bentuk gambar, yaitu 1 x 0,2 = 0,2 meter.

Dengan demikian, jika gedung memiliki ketinggian 20 meter dalam ukuran aslinya, maka dalam bentuk gambar dengan skala 1:100, ketinggiannya hanya 0,2 meter.

Contoh Penggunaan Rumus Skala

Rumus skala sering digunakan dalam dunia arsitektur, teknik sipil, dan desain grafis. Misalnya, seorang arsitek ingin membuat gambar denah sebuah gedung dengan skala 1:500. Ukuran asli gedung adalah 50 meter x 30 meter. Dalam gambar denah, ukuran gedung akan menjadi 10 cm x 6 cm.

Cek Juga  Apa yang dimaksud dengan BJR?

Seorang desainer grafis ingin membuat sebuah poster dengan gambar pemandangan gunung. Ukuran asli gambar adalah 2000 pixel x 1500 pixel. Desainer ingin membuat poster dengan ukuran 40 cm x 30 cm. Dalam poster, gambar gunung akan memiliki ukuran 10 cm x 7,5 cm.

Kesimpulan

Rumus skala adalah cara mudah untuk menghitung perbandingan ukuran antara dua benda atau gambar. Dengan rumus skala, kita dapat menentukan ukuran suatu benda atau gambar dalam bentuk yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran aslinya. Rumus skala sering digunakan dalam dunia arsitektur, teknik sipil, dan desain grafis.

Frequently Asked Questions

1. Apa itu rumus skala?

Rumus skala adalah rumus yang digunakan untuk menghitung perbandingan ukuran antara dua benda atau gambar.

2. Di mana rumus skala sering digunakan?

Rumus skala sering digunakan dalam dunia arsitektur, teknik sipil, dan desain grafis.

3. Bagaimana cara menghitung rumus skala?

Untuk menghitung rumus skala, kita perlu mengetahui ukuran asli benda atau gambar dan ukuran yang ingin kita hitung. Selanjutnya, kita perlu menentukan perbandingan skala dan mengalikan ukuran gambar dengan perbandingan skala.

4. Apa manfaat rumus skala?

Dengan rumus skala, kita dapat menentukan ukuran suatu benda atau gambar dalam bentuk yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran aslinya.

5. Apa saja contoh penggunaan rumus skala?

Rumus skala sering digunakan dalam dunia arsitektur, teknik sipil, dan desain grafis. Contoh penggunaan rumus skala antara lain untuk membuat gambar denah gedung, membuat poster dengan gambar pemandangan, dan membuat desain interior ruangan.

Related video of Rumus Skala: Cara Mudah Menghitung Perbandingan Ukuran

By admin