Not Angka: Mengenal Notasi Musik Sederhana
Not Angka: Mengenal Notasi Musik Sederhana

Not angka merupakan salah satu jenis notasi musik yang cukup populer di Indonesia. Notasi musik sendiri adalah sistem penulisan simbol-simbol yang digunakan untuk merekam karya musik dengan tujuan membantu para musisi dalam membaca dan memainkan karya musik tersebut.

Not angka biasanya digunakan untuk merekam karya musik dengan menggunakan alat musik yang memiliki tangga nada seperti piano, gitar, biola dan sebagainya. Not angka sendiri terdiri dari tanda-tanda atau angka-angka yang melambangkan nada-nada dalam tangga nada.

Sejarah Not Angka di Indonesia

Not angka pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada awal abad ke-20 ketika Belanda masih menjajah Indonesia. Ketika itu para misionaris Belanda memperkenalkan not angka sebagai salah satu cara membantu orang Indonesia dalam mempelajari lagu-lagu gereja.

Lalu pada tahun 1920-an, Not angka mulai diperkenalkan ke masyarakat luas di Indonesia melalui buku-buku lagu yang diterbitkan oleh penerbit-penerbit Belanda. Buku-buku lagu tersebut berisi lagu-lagu rakyat Indonesia yang telah diaransmen menggunakan not angka.

Cara Membaca Not Angka

Not angka terdiri dari tanda-tanda atau angka-angka yang melambangkan nada-nada dalam tangga nada. Berikut adalah cara membaca not angka:

  • Angka 1 sampai 7 melambangkan nada dalam tangga nada
  • Titik di atas atau di bawah angka melambangkan oktaf dari nada tersebut. Titik di atas artinya nada tersebut berada di oktaf yang lebih tinggi, sedangkan titik di bawah artinya nada tersebut berada di oktaf yang lebih rendah.
  • Garis vertikal di atas atau di bawah angka melambangkan durasi atau panjang nada tersebut. Garis vertikal di atas artinya nada tersebut dimainkan dalam tempo yang lebih cepat, sedangkan garis vertikal di bawah artinya nada tersebut dimainkan dalam tempo yang lebih lambat.
Cek Juga  Materi Bahasa Inggris Untuk Sd

Kelebihan Menggunakan Not Angka

Not angka memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan notasi musik lainnya. Berikut adalah kelebihan menggunakan not angka:

  • Not angka mudah dipahami dan dipelajari, terutama untuk pemula
  • Not angka dapat digunakan untuk merekam karya musik dengan alat musik apa saja yang memiliki tangga nada
  • Not angka dapat digunakan untuk merekam karya musik dengan bahasa apapun

Kesimpulan

Not angka merupakan salah satu jenis notasi musik yang cukup populer di Indonesia. Not angka digunakan untuk merekam karya musik dengan menggunakan alat musik yang memiliki tangga nada seperti piano, gitar, biola dan sebagainya. Not angka memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan notasi musik lainnya, seperti mudah dipahami dan dipelajari, serta dapat digunakan untuk merekam karya musik dengan bahasa apapun.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu not angka?

Not angka merupakan salah satu jenis notasi musik yang digunakan untuk merekam karya musik dengan menggunakan alat musik yang memiliki tangga nada seperti piano, gitar, biola dan sebagainya.

2. Apa kelebihan menggunakan not angka?

Not angka memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan notasi musik lainnya, seperti mudah dipahami dan dipelajari, serta dapat digunakan untuk merekam karya musik dengan bahasa apapun.

3. Bagaimana cara membaca not angka?

Not angka terdiri dari tanda-tanda atau angka-angka yang melambangkan nada-nada dalam tangga nada. Angka 1 sampai 7 melambangkan nada dalam tangga nada, titik di atas atau di bawah angka melambangkan oktaf dari nada tersebut, sedangkan garis vertikal di atas atau di bawah angka melambangkan durasi atau panjang nada tersebut.

4. Apa sejarah not angka di Indonesia?

Not angka pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada awal abad ke-20 ketika Belanda masih menjajah Indonesia. Ketika itu para misionaris Belanda memperkenalkan not angka sebagai salah satu cara membantu orang Indonesia dalam mempelajari lagu-lagu gereja.

Cek Juga  Soal Kelas 5: Persiapan Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak

5. Apa saja alat musik yang dapat menggunakan not angka?

Not angka dapat digunakan untuk merekam karya musik dengan alat musik apa saja yang memiliki tangga nada seperti piano, gitar, biola dan sebagainya.

Related video of Not Angka: Mengenal Notasi Musik Sederhana

By admin