Rumus Menghitung Usia Kehamilan 4 1 3
Rumus Menghitung Usia Kehamilan 4 1 3

Rumus Menghitung Usia Kehamilan 4 1 3Source: bing.com

Mengetahui usia kehamilan sangatlah penting bagi seorang ibu hamil. Dengan mengetahui usia kehamilan, seorang ibu hamil dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi proses persalinan. Salah satu rumus yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan adalah rumus 4 1 3.

Apa Itu Rumus 4 1 3?

Rumus 4 1 3 adalah rumus yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan berdasarkan usia janin yang terdapat pada pemeriksaan USG. Angka 4 dalam rumus 4 1 3 menunjukkan jumlah minggu yang diperlukan untuk memperoleh usia kehamilan berdasarkan usia janin pada saat pemeriksaan USG. Angka 1 menunjukkan perbedaan antara usia kehamilan saat pemeriksaan USG dengan usia kehamilan pada saat janin dibuahi. Sedangkan angka 3 menunjukkan jumlah bulan kehamilan pada saat pemeriksaan USG.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Rumus 4 1 3

Untuk menghitung usia kehamilan dengan rumus 4 1 3, pertama-tama Anda perlu mengetahui usia janin pada saat pemeriksaan USG. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kalikan usia janin pada saat pemeriksaan USG dengan angka 4.
  2. Tambahkan hasil perkalian tadi dengan angka 7.
  3. Kurangi hasil penjumlahan tadi dengan 3.

Contoh:

Jika usia janin pada saat pemeriksaan USG adalah 20 minggu, maka:

  1. 20 x 4 = 80
  2. 80 + 7 = 87
  3. 87 – 3 = 84

Jadi, usia kehamilan pada saat pemeriksaan USG adalah 84 hari atau sekitar 12 minggu.

Cek Juga  Latihan Soal CPNS: Persiapan Terbaik untuk Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Perbedaan Antara Usia Kehamilan Saat Pemeriksaan USG dan Saat Janin Dibuahi

Usia kehamilan saat pemeriksaan USG dapat berbeda dengan usia kehamilan pada saat janin dibuahi. Hal ini disebabkan karena janin mulai terbentuk sejak sel telur dibuahi oleh sel sperma, namun umumnya wanita baru menyadari kehamilan setelah beberapa minggu berlalu.

Jadi, usia kehamilan saat janin dibuahi dapat dihitung berdasarkan hari pertama siklus menstruasi terakhir. Sedangkan usia kehamilan saat pemeriksaan USG dihitung berdasarkan usia janin pada saat pemeriksaan USG.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan usia kehamilan?

Usia kehamilan adalah umur janin sejak dibuahi hingga saat lahir.

2. Apa yang dimaksud dengan USG?

USG atau ultrasonografi adalah pemeriksaan medis yang menggunakan gelombang suara untuk melihat gambar organ dalam tubuh, termasuk janin dalam kandungan.

3. Apa yang dimaksud dengan rumus 4 1 3?

Rumus 4 1 3 adalah rumus yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan berdasarkan usia janin yang terdapat pada pemeriksaan USG.

4. Apa yang dimaksud dengan usia janin?

Usia janin adalah umur janin sejak dibuahi hingga saat ini.

5. Kenapa penting untuk mengetahui usia kehamilan?

Mengetahui usia kehamilan sangatlah penting untuk mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan dan menjaga kesehatan ibu dan janin.

Related video of Rumus Menghitung Usia Kehamilan 4 1 3

By admin