Rumus Menghitung Cairan Luka Bakar
Rumus Menghitung Cairan Luka Bakar

Rumus Menghitung Cairan Luka BakarSource: bing.com

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal pernah mengalami luka bakar, Anda mungkin pernah melihat bagaimana dokter atau perawat merawatnya. Salah satu cara untuk merawat luka bakar adalah dengan memberikan cairan melalui infus. Namun, bagaimana cara menghitung jumlah cairan yang diperlukan?

Cara Menghitung Cairan Luka Bakar

Ada beberapa rumus yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah cairan yang diperlukan untuk merawat luka bakar. Salah satu rumus yang sering digunakan adalah rumus Parkland.

Rumus Parkland adalah:

Jumlah Cairan yang Diperlukan (ml) = Berat Badan Pasien (kg) x Persentase Luas Luka (%) x 4

Contoh:

Jika seorang pasien memiliki berat badan 60 kg dan memiliki luka bakar pada 20% tubuhnya, maka jumlah cairan yang diperlukan adalah:

60 kg x 20% x 4 = 4800 ml

Jadi, pasien tersebut memerlukan 4800 ml cairan untuk merawat luka bakarnya.

Perhatian

Rumus Parkland hanya digunakan untuk menghitung jumlah cairan yang diperlukan pada 24 jam pertama setelah luka bakar terjadi. Selain itu, rumus ini hanya digunakan untuk luka bakar derajat dua atau tiga.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami luka bakar, segera cari bantuan medis. Jangan mencoba untuk merawat luka bakar sendiri.

Kesimpulan

Rumus Parkland dapat digunakan untuk menghitung jumlah cairan yang diperlukan untuk merawat luka bakar derajat dua atau tiga pada 24 jam pertama setelah terjadi. Namun, sebaiknya Anda selalu mengikuti petunjuk dokter atau perawat dalam merawat luka bakar.

Pertanyaan Umum

1. Apa itu luka bakar?

Luka bakar adalah kerusakan pada kulit atau jaringan tubuh lainnya akibat paparan panas, dingin, bahan kimia, sinar matahari, atau listrik.

Cek Juga  Rumus Edit Lr: Tutorial Lengkap Mengenai Mengedit Foto di Lightroom

2. Apa yang harus dilakukan jika mengalami luka bakar?

Segera cari bantuan medis dan jangan mencoba untuk merawat luka bakar sendiri.

3. Apa itu rumus Parkland?

Rumus Parkland adalah rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah cairan yang diperlukan pada 24 jam pertama setelah luka bakar terjadi.

4. Kapan rumus Parkland digunakan?

Rumus Parkland hanya digunakan untuk menghitung jumlah cairan yang diperlukan pada 24 jam pertama setelah luka bakar terjadi.

5. Apakah rumus Parkland hanya digunakan untuk luka bakar derajat dua atau tiga?

Ya, rumus Parkland hanya digunakan untuk luka bakar derajat dua atau tiga.

Related video of Rumus Menghitung Cairan Luka Bakar

By admin