Apa itu artikel informatif?
Apa itu artikel informatif?

Apa itu artikel informatif?

Apa Itu artikel informatif?

Artikel informatif adalah sebuah karya tulis yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tambahan untuk suatu topik tertentu. Artikel jenis ini dapat ditemukan di berbagai media, mulai dari koran, blog, jurnal, ensiklopeda, dan situs web. Umumnya, informasi yang diberikan berupa data, fakta, dan berbagai kejadian yang disusun dengan lengkap, akurat, dan tepat sasaran.

Topik Artikel Informatif

Topik artikel informatif dapat bermacam-macam, mulai dari topik yang berat dan serius, topik yang ringan dan menghibur, topik yang sedang hangat diperbincangkna, topik sejarah, atau topik-topik menarik lainnya.

  • Artikel yang temanya serius dan memberatkan, namun menarik untuk dibaca, semisal mengenai berita terbaru, hasil penelitian, ataupun perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir.
  • Artikel yang ringan dan menghibur, membahas topiki-topik yang tidak terlalu serius, dan cocok untuk bacaan santai, semisal tips-tricks kehidupan sehari-jari, sejarah sebuah makanan, atau tips-tricks kesehatan.
  • Artikel yang sedang hangat diperbincangkna, berisikan opini-opini pribadi, ataupun analisis terhadap sesuatu yang sedang hangat diperbincangkna.
  • Artikel mengenai sejarah, membahas dan menjabrkan mengenai seseoranga, atau sesuatu yang bersejarah.
  • Artikel informatif yang menarik, membahas dan menjabrkan mengenai sesuatu yang unik dan menarik, hal ini bisa berupa sesuatu yang jarang diketahui, atau sesuatu yang bisa bikin ketagihan untuk baca terus.

Kegunaan Artikel Informatif

  • Menambah wawasan dan pengetahuan, adalah tujuan utama artikel informatif, dan dengan membaca artikel ini, pembaca bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan tambahan mengenai suatu topik yang dibaca.
  • Hiburan juga bisa menjadi tujuan dari artikel informatif, semisal jenis-jenis artikel yang ringan dan menghibur.
  • Mempengaruhi, adalah tujuan yang umum dari sebuah artikel, semisal artikel mengenai berat badan, ataupun perilaku, ada tujuannya untuk mempengaruhi pembaca, supaya pembaca bisa menjaga berat badan, ataupun menjaga perilaku.
  • Membangun hubungan, semisalnya pada artikel yang sifatnya opini pribadi, dimana ada tujuan dari penulis untuk membangun hubungan dengan para pembaca.
Cek Juga  Soal Soal Kelas 1 SD: Pedoman Belajar dalam Meningkatkan Kemampuan Anak

Struktur Artikel Informatif

  • Judul artikel, bisa berupa kalimat tanya, berita, atau pernyataan biasa, namun perlu menempatkan hal-hal yang sifatnya penting dan menarik ke dalam judul artikel.
  • Pendahuluan atau pembukaan, di bagian ini umumnya penulis menyakinkan pembaca untuk melanjutkan membaca keseluruhan artikel, dengan menulis cerita di balik sebuah artikel, atau memberikan informasi mengenai sebuah topik yang sedang hangat diperbincangkna.
  • Isi artikel/badan artikel, pada bagian ini penulis menyakinkan pembaca untuk melanjutkan membaca keseluruhan artikel, dengan memberikan data-data pendukung, ataupun analisis terhadap suatu topik.
  • Kesimpulan/penutup, adalah bagian terakhir dari sebuah artikel, pada bagian ini penulis bisa menyimpulkan isi keseluruhan artikel, ataupun menambahkan ajakan bertindak, dan lain-lain.

Kesimpulan Artikel informatif

Artikel informatif bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tambahan untuk suatu topik tertentu. Artikel jenis ini dapat ditemukan di berbagai media, mulai dari koran, blog, jurnal, ensiklopeda, dan situs web. Topik artikel informatif dapat bermacam-macam, mulai dari topik yang berat dan serius, topik yang ringan dan menghibur, topik yang sedang hangat diperbincangkna, topik sejarah, atau topik-topik menarik lainnya. Kegunaan artikel informatif bisa untuk menambah wawasan dan pengetahuan, untuk hiburan, untuk mempengaruhi, dan juga membangun hubungan.

Pertanyaan dan Jawaban

  1. Apa itu artikel informatif?
  • Artikel informatif adalah sebuah karya tulis yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tambahan untuk suatu topik tertentu.
  1. Di media apa artikel informatif bisa ditemukan?
  • Artikel informatif dapat ditemukan di berbagai media, mulai dari koran, blog, jurnal, ensiklopeda, dan situs web.
  1. Apa topik-topik yang bisa dimunculkan pada artikel informatif?
  • Topik artikel informatif dapat bermacam-macam, mulai dari topik yang berat dan serius, topik yang ringan dan menghibur, topik yang sedang hangat diperbincangkna, topik sejarah, atau topik-topik menarik lainnya.
  1. Apa kegunaan artikel informatif?
  • Kegunaan artikel informatif bisa untuk menambah wawasan dan pengetahuan, untuk hiburan, untuk mempengaruhi, dan juga membangun hubungan.
  1. Apa struktur artikel informatif?
  • Struktur artikel informatif terdiri dari:
    a. Judul artikel,
    b. Pendahuluan atau pembukaan,
    c. Isi artikel/badan artikel,
    d. Kesimpulan/penutup.
Cek Juga  Soal Perkalian: Belajar Matematika dengan Mudah