Apa yang dimaksud dengan CoGS?
Apa yang dimaksud dengan CoGS?

Apa yang dimaksud dengan CoGS?

Apa yang dimaksud dengan CoGS?

Cost of Goods Sold (COGS) atau Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah biaya langsung yang dikeluarkan dalam produksi barang atau jasa. Biaya ini meliputi bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead yang terkait secara langsung dengan produksi. COGS dihitung untuk periode waktu tertentu, biasanya satu bulan atau satu kuartal.

Jenis-Jenis COGS

COGS dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Bahan Baku

Bahan baku adalah biaya untuk membeli bahan-bahan yang digunakan dalam produksi barang atau jasa. Misalnya, pabrik tekstil membeli kain, pabrik mobil membeli baja, dan restoran membeli bahan makanan.

2. Tenaga Kerja Langsung

Tenaga kerja langsung adalah upah dan gaji yang dibayarkan kepada karyawan yang secara langsung terlibat dalam produksi barang atau jasa. Misalnya, upah pekerja pabrik, gaji teknisi pabrik mobil, dan gaji juru masak restoran.

3. Biaya Overhead

Biaya overhead adalah biaya tidak langsung yang terkait dengan produksi barang atau jasa. Misalnya, biaya sewa pabrik, biaya listrik, biaya air, biaya depresiasi mesin, dan biaya pemeliharaan mesin.

Penggunaan COGS

COGS digunakan untuk menghitung Laba Kotor, yang merupakan selisih antara penjualan dan COGS. Laba kotor kemudian digunakan untuk menghitung Laba Bersih, yang merupakan selisih antara laba kotor dan biaya-biaya non-produksi, seperti biaya pemasaran, biaya administrasi, dan biaya bunga.

COGS juga digunakan untuk menghitung Perputaran Persediaan, yang merupakan rasio antara COGS dan persediaan rata-rata. Perputaran persediaan menunjukkan berapa kali persediaan barang habis terjual dalam satu periode waktu tertentu.

Cek Juga  Soal Tes Potensi Akademik: Persiapan dan Strategi untuk Ujian

Kesimpulan

COGS merupakan faktor penting dalam penentuan harga jual barang atau jasa. COGS yang rendah akan memungkinkan perusahaan untuk memperoleh laba yang lebih tinggi. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengelola COGS dengan baik agar tetap efisien dan kompetitif.

Tanya Jawab

1. Apakah yang termasuk dalam COGS?
COGS meliputi bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead yang terkait secara langsung dengan produksi.

2. Bagaimana cara menghitung COGS?
COGS dihitung dengan menjumlahkan biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead.

3. Apa pentingnya COGS?
COGS digunakan untuk menghitung laba kotor dan laba bersih. COGS juga digunakan untuk menghitung perputaran persediaan.

4. Bagaimana cara mengelola COGS dengan baik?
Perusahaan dapat mengelola COGS dengan baik dengan cara melakukan pembelian bahan baku yang efisien, mengoptimalkan produktivitas tenaga kerja, dan mengendalikan biaya overhead.

By admin