Bpupki Diketuai Oleh
Bpupki Diketuai Oleh

Bpupki (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) diketuai oleh tokoh nasional Soepomo. Badan ini didirikan atas perintah Jepang pada tahun 1943 untuk menyelidiki dan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Soepomo sendiri adalah seorang pengacara yang terkenal di masa itu dan memiliki banyak pengalaman dalam menghadapi otoritas kolonial Belanda.

Bpupki bertugas untuk menyusun dasar negara Indonesia setelah kemerdekaan nanti. Badan ini terdiri dari berbagai tokoh nasional seperti Soekarno, Hatta, dan Ki Hajar Dewantara. Mereka semua bekerja sama untuk menghasilkan dokumen penting yang nantinya menjadi dasar negara Indonesia.

Tugas Bpupki

Tugas utama Bpupki adalah menyusun dasar negara Indonesia setelah kemerdekaannya. Selain itu, Bpupki juga bertanggung jawab untuk menyelidiki kondisi sosial, politik, dan ekonomi di Indonesia pada masa itu. Badan ini juga bertugas untuk merumuskan konsep dan prinsip dasar negara Indonesia, seperti Pancasila dan UUD 1945.

Proses Pembentukan Dasar Negara Indonesia

Setelah melakukan penyelidikan dan mempersiapkan dokumen-dokumen penting, Bpupki kemudian membentuk Panitia Kecil untuk menyusun naskah konstitusi. Panitia Kecil ini terdiri dari 9 orang anggota, yang di antaranya adalah Soekarno, Mohammad Hatta, dan Soebardjo.

Panitia Kecil kemudian membuat dua naskah konstitusi yang berbeda, yaitu naskah Rancangan Konstitusi Republik Indonesia dan naskah Piagam Jakarta. Setelah melalui serangkaian diskusi dan perdebatan, akhirnya diputuskan untuk menggunakan naskah Rancangan Konstitusi Republik Indonesia sebagai dasar negara Indonesia.

Pancasila sebagai Dasar Negara

Salah satu hal penting yang dibahas oleh Bpupki adalah mengenai konsep dasar negara Indonesia. Setelah melalui serangkaian diskusi, akhirnya disepakati bahwa Pancasila akan menjadi dasar negara Indonesia.

Cek Juga  Rumus Laporan Keuangan Di Excel

Pancasila sendiri adalah konsep dasar negara yang terdiri dari lima prinsip, yaitu:

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

UUD 1945

Setelah menyepakati Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, Bpupki kemudian merumuskan UUD 1945. UUD 1945 adalah konstitusi Indonesia yang diadopsi pada tanggal 18 Agustus 1945. Konstitusi ini kemudian menjadi dasar negara Indonesia hingga saat ini.

UUD 1945 terdiri dari beberapa bab dan pasal, yang mengatur tentang berbagai hal seperti hak asasi manusia, kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif, serta hubungan antara pusat dan daerah.

Conclusion

Bpupki merupakan badan yang sangat penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Badan ini berhasil menyusun dasar negara Indonesia yang kemudian diadopsi sebagai UUD 1945. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia juga merupakan hasil dari diskusi dan perdebatan yang dilakukan oleh Bpupki. Sehingga, Bpupki patut diapresiasi atas kontribusinya dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Artikel Terkait

Pertanyaan Umum

  1. Apa itu Bpupki?
  2. Siapa yang menjadi ketua Bpupki?
  3. Apa saja tugas Bpupki?
  4. Apa yang menjadi dasar negara Indonesia?
  5. Apa itu UUD 1945?

Related video of Bpupki Diketuai Oleh

By admin