Rumus Membuat Pola Baju
Rumus Membuat Pola Baju

Memiliki kemampuan membuat pola baju adalah keterampilan yang sangat berguna bagi siapa saja yang ingin menciptakan pakaian mereka sendiri. Tidak hanya itu, membuat pola baju juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Tetapi, bagi sebagian orang, membuat pola baju bisa terlihat rumit dan sulit. Namun, sebenarnya tidak perlu khawatir, karena ada rumus sederhana untuk membuat pola baju.

Langkah-langkah Membuat Pola Baju

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pola baju dengan menggunakan rumus sederhana:

1. Ukur Tubuh Anda

Sebelum membuat pola baju, Anda harus mengukur tubuh Anda terlebih dahulu. Ukur lebar dada, lingkar pinggang, hip, dan panjang tubuh. Catat semua pengukuran ini.

2. Buat Garis Pola

Buat garis pola pada kertas. Buat garis horizontal di bagian bawah kertas yang panjangnya sama dengan panjang tubuh Anda. Buat garis vertikal di tengah kertas yang panjangnya sama dengan setengah lebar dada Anda. Buat garis horizontal lagi di bagian atas kertas yang panjangnya sama dengan setengah lebar bahu Anda.

3. Hitung Lebar Baju

Hitung lebar baju dengan cara mengalikan lebar dada dengan 2 dan menambahkan 5 sentimeter. Misalnya, jika lebar dada Anda 50 sentimeter, maka lebar baju Anda akan menjadi 105 sentimeter.

Cek Juga  Rumus Trading: Rahasia Sukses Meraup Keuntungan dari Berinvestasi Saham

4. Hitung Lebar Lengan

Hitung lebar lengan dengan cara mengalikan lingkar lengan dengan 2 dan menambahkan 5 sentimeter. Misalnya, jika lingkar lengan Anda 30 sentimeter, maka lebar lengan Anda akan menjadi 65 sentimeter.

5. Gambar Pola Baju

Untuk membuat pola baju, gambarlah sebuah trapesium yang panjangnya sama dengan panjang tubuh Anda, dengan lebar atas yang sama dengan setengah lebar bahu Anda dan lebar bawah yang sama dengan lebar baju Anda. Kemudian, gambarlah dua persegi panjang dengan panjang dan lebar masing-masing sama dengan lebar lengan Anda. Letakkan persegi panjang ini di sisi kanan dan kiri trapesium sebagai lengan baju.

FAQ

Apa itu pola baju?

Pola baju adalah gambar atau diagram yang digunakan untuk membuat pakaian. Pola baju digunakan sebagai acuan untuk memotong kain dan menjahit pakaian.

Bisakah saya membuat pola baju tanpa rumus?

Tentu saja bisa. Ada banyak cara untuk membuat pola baju, termasuk dengan mengambil pola dari pakaian yang sudah ada dan menyesuaikannya dengan ukuran tubuh Anda.

Apakah saya harus memiliki pengalaman dalam menjahit untuk membuat pola baju?

Tidak harus. Namun, memiliki pengalaman dalam menjahit dapat membantu Anda memahami bagaimana pola baju akan terlihat setelah dijahit.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pola baju?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pola baju tergantung pada tingkat keahlian Anda dan kompleksitas desain baju yang ingin dibuat. Namun, biasanya membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari.

Apakah rumus ini cocok untuk semua jenis baju?

Tidak. Rumus ini cocok untuk membuat pola baju dengan model sederhana, seperti baju potong lurus atau baju dengan lengan pendek. Untuk membuat pola baju dengan model yang lebih kompleks, Anda mungkin perlu menggunakan rumus yang berbeda atau mengambil pola dari pakaian yang sudah ada.

Cek Juga  Rumus Hitung Pph 21: Cara Mudah Menghitung Pajak Penghasilan

Artikel Lainnya:

Related video of Rumus Membuat Pola Baju

By admin